Senin, 08 Oktober 2012

Bedah lagu Green Day - Wake Me Up When September Ends


1. Lagu ini meurut kebanyakan orang memilki arti tentang Tragedi 11 September, namun Billie Joe Amstrong membantahnya.. Ujarnya lagu ini ditulisnya sebagai kenangan akan ayahnya yang meninggal saat dirinya berumur 10 tahun. Saat itu, 10 September 1982, ayahnya yang mengidap kanker harus meninggalkan dirinya. Dan pada saat pemakaman ayahnya, Billie Joe tak kuasa menahan tangis dan dirinya langsung pulang ke rumah juga menguci diri di kamar. Saat ibunya memanggilnya, Billie hanya berteriak "bangunkan aku saat September usai!!".

2. Lagu ini diambil dari album American Idiot yang rilis 2004 dan merupakan single ke empat.


3. Lagu ini mempati posisi 6 pada US Chart dan 8 pada UK Chart.


4. Lagu ini dirilis pada 13 Juni 2005.


5. Lagu ini ditulis oleh Billie Joe Armstrong.


6. Lagu ini bergenre alternative rock.


7. Lagu ini meraih sertifikat Platinum oleh Recording Industry Assosiation of America (RIAA).


8. Lagu ini kadang membingungkan banyak orang, di awal lagu Billie Joe menyanyikan  "Seven years has gone so fast" itu adalah waktu tujuh tahun selisih dari saat ayahnya meninggal dengan berdirinya Green Day. Sedangkan "Twenty years has gone so fast" itu adalah waktu du piluh tahun selisih dari saat ayahnya meninggal dengan diciptakannya lagu ini.


9. Klip video lagu ini diposting di Youtube pada 26 Oktober 2009.


10. Klip video lagu ini menampilkan Jason White, personil tambahan Green Day. Juga dua remaja, Jamie Bell dan Evan Rachel Wood yang di dalam klip video ini diceritakan sebagai sepasang kekasih. Di awal klip, sepasang kekasih ini begitu mesra dan saling berjanji untuk tak meninggalkan satu dan yang lainnya. Sampai pada tengah klip, si wanita menangis dan memarahi kekasihnya yang memutuskan untuk ikut dalam angkatan bersenjata AS dan perang melawan Irak. Si lelaki beralasan keputusannya itu dilakukannya untuk melindungi kekasihnya. Dia akan berada di garis depan untuk melindungi kekasihnya. dan si wanita hanya bisa menangis tahu bahwa kekasihnya telah meninggalkan dia untuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar